Pengertian Front Office dan
Housekeeping
Sebelum kita
belajar tentang pengertian dari front office dan housekeeping mari kita cari
tahu dulu apa itu HOTEL?
Hotel
adalah suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi
yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta
fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat
umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya
menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.
Untuk menciptakan Kelancaran
operasional di suatu hotel harus didukung oleh departemen – departemen yang ada
di dalam suatu manajemen operasional hotel. Karena semua kegiatan dan aktivitas
di dalam hotel, akan dijalankan dan ditangani oleh satu departemen yang sangat
konsen dan kompeten dibidangnya sehingga akan sangat menunjang didalam
menjalankan tugas yang dibebankan. Salah satu department yang ada di hotel
yaitu Front Office (Kantor depan) dan Housekeeping (Tata Graha).
FRONT
OFFICE DEPARTMENT
Front
Office Department adalah suatu bagian
depan dari suatu hotel, sebagai penjual kamar dan sering disebut sebagai
selling room. Dalam proses penjualan seorang front office harus dibantu oleh
bagian tata graha. Dalam hubungan kerja tata graha bertindak sebagai pengemasan
kamar. Front office juga dikenal sebagai the first and the last impression of
the guest. Artinya bagian inilah yang pertama dan terakhir yang akan bertemu
tamu. Tamu yang datang ke hotel akan registrasi dulu ke bagian front office dan
pada waktu akan check out pun tamu juga berhubungan dengan staf dari front
office. Jadi sudah sewajarnya jika kesan yang mendalam akan tercipta di bagian
front office. Front office juga merupakan pusat informasi dan juga hampir
segala kegiatan tamu seperti penerimaan dan pengiriman surat pengurusan barang,
pembayaran rekening hotel, mengenai kehilangan barang, menampung keluhan tamu
dan juga tempat segala pemberian informasi baik dalam hotel maupun luar hotel.
Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke
tahun
2. Meningkatkan jumlah tamu langganan.
3. Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada
tamu.
4. Membentuk citra hotel yang positif Kantor depan hotel memiliki fungsi
dalam mewujudkan tujuan dari hotel, fungsi tersebut dilakukan oleh petugas
kantor depan sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah:
a) Menjual
kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain, menerima pemesanan kamar, melakukan pendaftaran tamu, memblok
kamar.
b) Memberikan
informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang ada
di hotel maupun diluar hotel.
c) Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang
terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang
maksimal.
d) Melaporkan
status kamar yang terkini.
e) Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta
menangani rekening tamu.
f) Membuat laporan yang dibutuhan oleh
hotel.
g) Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk
tamu.
h) Memberikan pelayanan barang bawaan tamu.
i) Menyelesaikan keluhan tamu.
*Gambar Receptionist sedang melayani tamu
HOUSEKEEPING DEPARTMENT
House
artinya rumah, gedung, wisma, hotel. Sedangkan Keeping mempunyai arti
Memelihara, merawat, menjaga. Oleh sebab itu Housekeeping di sebut juga Tata
Graha. Housekeeping (tata graha) adalah bagian dari departemen yang mengatur
atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi
dekorasi dengan tujuan agar rumah (hotel) tersebut tampak rapi, bersih, menarik
dan menyenangkan bagi penghuninya.
Departemen
housekeeping tidak hanya mempersiapkan kamar-kamar tamu, namun secara
keseluruhan bertanggng jawab menjaga, merawat dan membersihkan semua fasilitas
hotel tersebut bersih, rapi dan nyaman. Oleh sebeb itu, semua aktivitas
housekeeping bertujuan untuk memaksimalkan pemeliharan, perawatan dan
kebersihan hotel secara menyeluruh dapat terjaga dengan baik.
Dalam
operasional hotel, hal-hal mengenai kebersihan dilakukan dan dilaksanakan oleh
departemen housekeeping, yang kegiatannya dipimpin oleh Housekeeping Manager
atau Executive Housekeeper. Secara umum, departemen housekeeping memiliki
tanggung jawab area yang sangat besar, maka wajar kalau housekeeping mempunyai
jumlah karyawan lebih banyak dari depertemen lainnya. Oleh sebab itu,
pelaksanaan pemeliharan dan pembersihan area hotel diatur menurut seksi-seksi
sebagai berikut :
1. Public
Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan
kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada diluar gedung maupun didalam
gedung hotel, antara lain Lobby area, restroom, restaurant,meeting room dan
fasilitas untuk karyawan hotel.
2. Room,
seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menjaga kebersihan,
kerapihan dan kelengkapan kamar tamu.
3. Laundry,
seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan linen-linen yang bersih
untuk keperluaan kamar, restauran dan meeting room, menyediakan seragam bersih
bagi karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.
4. Linen
dan Uniform, seksi yang bertanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan
penyediaan seluruh linen dan uniform bagi karyawan.
5. Florist,
seksi yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang
segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
6.
Gardener, Seksi yang bertanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman baik
didalam maupun diluar hotel.
*Gambar seorang room attendant sedang making bed
Selain
Front Office dan Housekeeping masih banyak lagi department-department yang ada
di hotel. Intinya, setiap department yang berada di hotel harus saling bekerja
sama agar menciptakan pelayanan yang bagus. Dan masing-masing department
bertanggung jawab melaksanakan tugasnya sesuai standard.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar